Language

search

Rabu, 16 Februari 2011

13 Mobil 'Terhijau'' di Planet

Gambar
Jakarta - Mobil apa yang paling ramah lingkungan saat ini? Jawabnya bukan mobil listrik, tetapi mobil berbahan bakar gas CNG atau Compressed Natural Gas. Mobil listrik Volt malah berada di papan paling bawah.

Volt bahkan terkalahkan oleh mobil Ford Fiesta dan Toyota Yaris. Beruntung citra mobil listrik terselamatkan berkat masuknya Nissan LEAF dalam urutan kedua.

Seperti dilansir New York Times, lembaga nirlaba American Council for an Energy-Efficient Economy (ACEEE) menerbitkan daftar 13 mobil paling hijau di dunia.

Lalu apakah mobil paling ramah lingkungan tahun 2011? Tak lain adalah Honda Civic GX. Mobil yang diproduksi dalam jumlah terbatas oleh Honda dan mulai tersedia pada 2012 nanti.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Rupanya yang menjadi penilaian bukan hanya soal efisiensi bensin dan emisi yang dihasilkan mobil-mobil ramah lingkungan ini. Penilaian lain adalah berat dan serangkaian formula kompleks yang digunakan untuk menghitung dampak mobil terhadap lingkungan.

Berat kendaraan tentunya akan mempengaruhi performa mobil dan akhirnya akan memberikan dampak tambahan bagi lingkungan. Sayang ACEEE tidak menyebutkan secara ditel perhitungan kompleks yang dimaksud.

Yang menarik adalah munculnya mobil smart fortwo pada urutan ketiga, mobil ini memiliki mesin 1.000 cc namun dengan sistem start stop yang irit BBM. Sebenarnya smart versi listrik mencatat rekor tertinggi, namun karena penjualan yang kecil, dicoret dari daftar.

Berikut daftar lengkap mobil terhijau tahun 2011



  1. Honda Civic GX (berbahan bakar CNG)
  2. Nissan LEAF (listrik)
  3. smart fortwo (bensin 1.0 L)
  4. Toyota Prius (hybrid)
  5. Honda Civic Hybrid
  6. Honda Insight
  7. Ford Fiesta SFE
  8. Chevrolet Cruze Eco
  9. Hyundai Elantra
  10. MINI Cooper
  11. Toyota Yaris
  12. Chevrolet Volt
  13. Mazda2

sumberhttp://oto.detik.com/read/2011/02/17/124044/1572828/648/13-mobil--terhijau---di-planet
    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

    menyur